Minggu, 28 Januari 2018

Perekonomian Desa

Usaha ekonomi biasanya, masyarakat desa sambiyan memiliki usaha pribadi. Desa sambiyan, terdapat beberapa kelompok atau unit seperti ibu pkk, karang taruna, bundes, dan kelompok tani yang masih dalam uji coba bukan produksi masal. Selain adanya beberapa kelompok atau unit tersebut, kepala desa merencanakan pemanfaatan para remaja untuk berkreasi para pemuda untuk membuat sebuah produk dari potensi desa tersebut.
Kegiatan Sosial Ekonomi masyarakat Desa Sambiyan yang merupakan pendukung utama terhadap perkembangan perekonomian masyarakat dan menjadi salah satu usaha untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat. Kegiatan ekonomi yang berkembang di Desa Sambiyan di pengaruhi oleh kegiatan sosial keagamaan yang sebagian besar diikuti oleh unsur pemuda, tokoh agama, kaum  perempuan dan lain-lain dan dapat dijadikan wahana transfer pemberdayaan masyarakat yang berkelanjutan dan berkesinambungan, sehingga diharapkan dapat menjadi embrio bagi kelanjutan pembangunan Desa Sambiyan. Adapun sarana prasarana pendukung kegiatan ekonomi yang ada di Desa Sambiyan diantaranya.
No
Unit Usaha
Jumlah
(unit/kelompok)
1.
Kelompok Tani
5
Kelompok
2.
Karang taruna
1
Kelompok
Kelompok tani diketuai oleh masyarakat setempat tetapi bukan kepala dusun ,untuk pemilihan kelompok tani dilakukan berdasarkan kesepakatan dari masyarakat setempat. Para pemuda lebih aktif di karang taruna, semisal ketika ada pemngaspalan mereka ikut ambil bagian dalam pembangunan dan mengajak warga untuk ikut membangun desa. dan selain itu juga mendukung segala kegiatan di desa sambiyan. Basecamp masih menjadi satu di balai desa, karna Basecamp belum ada. Untuk anggota dari karang taruna diambil dari pemuda-pemuda di setiap dusun, kurang leb iah berisi 7 oarang beserta ketua.
Usaha ekonomi biasanya usaha pribadi, sedangkan untuk unit kegiatan ibu-ibu PKK itu belum terbentuk, msih uji coba bukan produksi masal. Selain adanya PKK rencana dari desa ingin memanfaat kan para remaja untuk memanfaat kan kreasi para pemuda untuk membuat sebuah produk.
Pemasaran hasil tani paling jauh itu hanya dijual di pasar dan dijual secara individu sedangkan untuk padi lebih pada dan dikonsumsi sendiri. Sedangkan peran kelompok tani hanya mengakomodir ketersedian bahan pupuk. Hal itu juga karena jarak antar pasar dengan kediamanan warga dekat sehingga membuat warga  memilih menjual hasil tani mereka di pasar secara langsung.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Pengaduan Masyarakat

No. HP  = 082333795888 Email   = desa_sambiyan@yahoo.com

Blog Archive

Recent Posts