Minggu, 28 Januari 2018

Pendidikan dan Kesehatan


Pendidikan adalah satu hal penting dalam memajukan tingkat kesejahteraan pada umumnya dan tingkat perekonomian pada khususnya. Dengan tingkat pendidikan yang tinggi maka akan mendongkrak tingkat kecakapan yang mendorong tumbuhnya ketrampilan kewirausahaan. Dan pada gilirannya mendorong munculnya lapangan pekerjaan baru dengan sendirinya dan akan membantu program pemerintah untuk pembukaan lapangan pekerjaan baru guna mengatasi pengangguran. Pendidikan biasanya akan dapat mempertajam sistematika sosial dan pola sosial individu, selain itu mudah menerima informasi yang lebih maju. Di Desa Sambiyan terdapat 6 Yayasan dan 4 Lembaga Resmi (negeri).
No. Nama Lembaga      Tahun Berdiri Letak Dusun
1. MA Al Khoiriyah                -         Dsn. Sambiyan
2. MA Al Ismailiyah            1984         Dsn. Taman
3. SDI Darul Muin            2005         Dsn. Sambiyan
4. SMK Raudlatul Ulum    2010         Dsn. Taman
5. MA Al Ismailiyah 2            1984         Dsn. Taman
6. SDI/MA Nurul Huda       -                 Dsn. Karpote
7. SDN Sambiyan 2            1982         Dsn. Karpote
8. SDN Sambiyan 4            1983         Dsn. Taman
9. SDN Sambiyan 5            1985         Dsn. Sambiyan
10. SDN Cangkarman 01    1971         Dsn. Taman
Dari segi pendidikan untuk kesadaran dari Desa Sambiyan lumayan bagus dan lembaga lumayan banyak, dan lulusan warga Sambiyan maksimal udh jenjang SMA semua/berijasah SMA, meskipun diharuskan untuk keluar dari Desa untuk bersekolah SMA. Hal tersebuta dikarenakan pada Desa Sambiyan masih lembaga SD, SMP dan SMK. Selain lulusan sma sejauh ini ada beberapa warga yang sdah mulai berkeinginan dan sudah berada di jenjang perkuliahan. Bahkah sdah ada warga yang telah menyelesaikan jenjang perkuliahan terbukti dengan keberadaan mereka mengabdi pada lembaga yang terdapat di Desa Sambiyan dibandingkan dengan Desa Sen-Asen, Cangkarman dan lainnya, kesadaran untuk pendidikan pada Desa Sambiyan jauh lebih baik.  
Kesehatan sebagai tolok ukur utama terhadap keberhasilan pembangunan taraf hidup masyarakat Desa Sambiyan. Berdasarkan data yang ada dimana sarana prasarana kesehatan yang dimiliki oleh Desa Sambiyan terdiri atas 1 Poskesdes, 1 Polindes dan 5 unit posyandu dengan tenaga kesehatan yaitu 2 tenaga bidan yang dibantu oleh 5 kader kesehatan Posyandu. Mengingat kondisi geografis dan mulai memahaminya masyarakat Desa Sambiyan terhadap aspek kesehatan, terutama yang berkaitan langsung dengan fisik mereka yang menyangkut kebersihan, dan minimnya fasilitas air bersih maka beberapa penyakit sering terjangkit dimasyarakat dapat ditekan diantaranya : Diare, Gatal-gatal, Muntaber, Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA).

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Pengaduan Masyarakat

No. HP  = 082333795888 Email   = desa_sambiyan@yahoo.com

Blog Archive

Recent Posts